Tuesday, February 23, 2021

Nickelodeon Partners with Faza Meonk for New SpongeBob x Si Juki Storybook Collaboration

Following last year's successful collaboration, Nickelodeon is once partnering with Indonesian comic series Si Juki to release a brand-new line of storybooks featuring SpongeBob SquarePants and Juki, the titular character of Si Juki! The book series launched online today (Friday, November 11) and will be released in bookstores soon.

Foto/FerdiRantung/SINDOnews

SI JUKI X SPONGEBOB STORYBOOK LAUNCHING EVENT | Nickelodeon Bahasa


 From Warta Ekonomi:

MNC Licensing Rilis Seri Buku Cerita Si Juki x SpongeBob SquarePants

WE Online, Jakarta - Pada bulan Desember ini, Anak usaha PT MNC Studios International Tbk (MSIN) yakni MNC Licensing menggelar peluncuran seri buku cerita Si Juki x SpongeBob SquarePants yang mempertemukan salah satu tokoh kartun lokal Indonesia paling populer dengan si sponge kuning tersebut.


Seri buku cerita yang spesial itu dibuat oleh seniman dan penulis Indonesia, Faza Meonk. Dalam kolaborasi ini, Si Juki, tokoh komik karya Meonk, memulai berbagai petualangan seru bersama SpongeBob SquarePants dari Nickelodeon.

“MNC Licensing bangga akan pencapaian kolaborasi SpongeBob dengan Juki ini, dan akan terus melanjutkan mengembangkan peran dalam industri licensing di Tanah Air,” kata VP MNC Licensing & MNC Contents, Shierly Kosasih saat peluncuran seri buku cerita Si Juki x SpongeBob SquarePants, di Jakarta, Jumat (11/12/2020).

MNC Licensing juga berkomitmen membawa brand internasional menjadi lebih lokal. "Dan, MNC Licensing juga punya aspirasi untuk membawa kreator lokal ke ranah internasional," imbuhnya.

Diciptakan bersama oleh Nickelodeon dan Faza Meonk, seri ini adalah sebuah apresiasi dari anak bangsa untuk serial tv animasi anak-anak nomor satu. SpongeBob SquarePants juga merupakan judul paling populer di kanal YouTube Nickelodeon Bahasa Indonesia, yang diluncurkan pada Juni tahun lalu.

Seri buku cerita Si Juki x SpongeBob rilis di Indonesia, Jumat (11/12). Foto: Tangkapan layar konferensi pers virtual/Pioni

Adapun Si Juki karya Faza Meonk boleh dibilang adalah karakter komik lokal favorit di kalangan anak muda Indonesia. Keunikan, kreativitas dan pendekatan yang absurd terhadap pelbagai masalah hidup sehari-hari adalah bagian dari daya tarik dan kharisma unik Si Juki. Popularitas Si Juki meroket melalui media sosial sejak Februari 2012, dan sejak saat itu meluas, melampaui platform media sosial, serta memikat hati para remaja hingga keluarga Indonesia.

Shierly menambahkan, seri buku cerita Si Juki x SpongeBob rilis hari ini secara online dengan jumlah terbatas, dan segera tersedia di toko buku. Dan di hari ini juga, para penggemar akan mendapat kesempatan mengkoleksi tanda tangan Faza Meonk yang dibubuhkan langsung di dalam buku cerita ini, dengan mengikuti digital live event penandatanganan buku cerita, jam 14.00 WIB di kanal YouTube Si Juki dan Tokopedia Play. Seluruh seri buku cerita diluncurkan dalam Bahasa Indonesia dan akan tersedia secara eksklusif di seluruh wilayah Indonesia.

Seri buku cerita Si Juki x SpongeBob rilis di Indonesia, Jumat (11/12). - (Tangkapan layar konferensi pers virtual/Pioni)

“Seri buku cerita ini memungkinkan kami menghadirkan optimisme dan antusiasme yang tak terbendung dari SpongeBob untuk para penggemar di Indonesia dalam konteks hyper local, melaluli karakter kartun paling terkenal di Indonesia. Humor dan jalan ceritanya akan sangat menarik bagi siapapun yang merasakan kegembiraan bersama Nickelodeon! Kami berharap para penggemar juga dapat menikmati seri buku cerita ini seperti halnya kami menikmati proses pembuatannya bersama Faza,” kata Vice President, Brand & Retail Marketing Asia Pacific, ViacomCBS Consumer Products, Dennis Tan.

Faza juga mengaku bangga dan terhormat mendapatkan kesempatan melahirkan kolaborasi antara SpongeBob dan Si Juki. Diakuinya, SpongeBob adalah salah satu tokoh favoritnya sejak kecil dan kolaborasi ini seperti sebuah mimpi yang jadi kenyataan saat bisa menghadirkan petualangan SpongeBob bersama Si Juki ke dalam lima seri buku cerita.

“Semoga semua orang di Indonesia dapat turut merasakan suka cita yang saya rasakan, dan juga menjadikan seri buku cerita ini sebagai koleksi di rumah masing-masing,” ujar Faza. Kolaborasi ini juga mencakup penjualan merchandise seperti pakaian, aksesori, dan figurin yang diproduksi oleh para pemegang lisensi di Indonesia.

MNC Licensing sendiri merupakan unit usaha dari PT MNC Studios International Tbk (MSIN) yang menginduk pada MNC Group. Saat ini, lanjut Shierly, pihaknya termasuk salah satu dari tiga besar pemain di industri lisensi nasional. Hal ini bisa dilihat dari daftar panjang portofolio intelektual properti utama yang dimiliki yaitu Spongebob Squarepants, Upin Ipin, Shaun the Sheep, dan dari MNC Animation. Selain itu juga dari sisi klien ada sekitar 40 klien yang akan dikembangkan di 2021.

Babak pertama seri buku ini dibuka saat Si Juki sedang sibuk mencari ide untuk membuat buku cerita, dan secara tak disangka-sangka, ia mendapati dirinya di pantai dengan tokoh kesayangannya, SpongeBob. Dari sanalah, keduanya berangkat mengarungi berbagai petualangan yang mengasyikkan dan sungguh luar biasa.

###



JAKARTA - PT MNC Licensing optimistis dapat menggenjot kinerja lebih agresif pada 2021 mendatang. Model bisnis lisensi diyakini akan mampu menggarap potensi yang sempat tertahan di 2020 akibat pandemi Covid-19.

Vice President MNC Content & Licensing Shierly Kosasih mengaku saat ini pihaknya sebagai salah satu dari tiga besar pemain di industri lisensi nasional. Hal ini bisa dilihat dari daftar panjang portofolio intelektual properti utama yang dimiliki yaitu Spongebob Squarepants, Upin Ipin, Shaun the Sheep, dan dari MNC Animation. Selain itu juga dari sisi klien ada sekitar 40 klien yang akan dikembangkan di 2021.

"Kami berdiri sejak 2013, sudah punya kerja sama dengan 4 prinsipal termasuk MNC Animation yang memiliki intelektual propertinya. Jadi kami kini berada di tiga besar dalam industri lisensi. Tahun depan kami optimistis karena ada banyak potensi yang tertahan akibat pandemi. Rencana terdekat di kuartal pertama 2021 akan ada proyek terbaru tapi belum bisa dibocorkan detailnya," ujar Shierly dalam Digital Launching seri buku cerita SI JUKI x SPONGEBOB SQUAREPANTS yang dilakukan secara live, Jumat (11/12/2020).

Perseroan sebagai agensi lisensi brand-brand ternama seperti Nickelodeon meluncurkan kolaborasi dua tokoh kartun Si Juki dan Spongebob Squarepants yang dibuat oleh seniman dan penulis Indonesia, Faza Meonk.

Perseroan memiliki misi untuk membawa brand internasional ini menjadi lebih lokal. Namun di sisi lainnya ingin membawa brand lokal ke ranah internasional. "Sangat menarik melihat karakter Spongebob tapi dalam nuansa Indonesia seperti naik bajaj dan makan ketoprak khas Indonesia. Ini akan jadi prioritas bagi orangtua muda khususnya saya sendiri," ujar komika Indra Jegel yang ikut tampil live hari ini.

###


Kolaborasi Si Juki dan Spongebob, PT MNC Licensing Ingin Bawa Brand Lokal ke Internasional

JAKARTA - PT MNC Licensing sebagai agensi lisensi brand-brand ternama, seperti Nickelodeon, meluncurkan seri buku cerita SI JUKI x SPONGEBOB SQUAREPANTS. Kolaborasi dua tokoh kartun ini dibuat oleh seniman dan penulis Indonesia, Faza Meonk.

Vice President MNC Content & Licensing Shierly Kosasih mengatakan, pihaknya memiliki porsi untuk membawa brand internasional ini menjadi lebih lokal. Namun di sisi lainnya ingin membawa brand lokal ke ranah internasional.

"Pada 2017 saat era kolaborasi, kita juga mendapatkan porsi untuk membawa brand internasional ini menjadi lebih lokal. Dan MNC Licensing juga punya aspirasi untuk membawa kreator lokal ke ranah internasional," katanya dalam konferensi pers, Jumat ( 11/12/2020).

Ia menjelaskan, kolaborasi ini dilakukan dalam proses yang sangat panjang. Sebab, pihaknya harus menemukan kesamaan karakter dengan si sponge kuning tersebut.

"Proses pencarian yang cukup panjang. Jadi tak cuma sekali pemilihan. Kita menemukan DNA yang karakternya sama dengan Spongebob ada Si Juki," jelasnya.

Dalam kolaborasi ini, Si Juki, tokoh komik karya Meonk, memulai berbagai petualangan seru bersama SpongeBob SquarePants dari Nickelodeon. Cerita serial buku ini diciptakan sebagai bentuk apresiasi dari anak bangsa untuk serial TV animasi nomor satu kesukaan anak-anak Indonesia.

Ia berharap, kolaborasi ini dapat memperluas market dari karakter Spongebob. Sebab selama ini karakter si kuning kotak ini sangat identik dengan anak-anak sekali. Padahal penikmat kartun ini rata-rata sudah beranjak dewasa.

"Dengan kolaborasi kita melihat bahwa brand Spongebob bisa jadi lebih besar. Kami ingin membawa ke segmen pasar lebih luas lagi dari anak-anak ke dewasa dan dewasa ke anak-anak," ujarnya. ( Baca juga:Akun IG Polda Metro Jaya Posting Penyidikan Penyerangan oleh 6 Anggota FPI, Netizen: Allah Maha Mengetahui )

Sekedar informasi, buku cerita Juki dan Spongebob ini terdiri dari lima seri. Untuk mendapatkannya bisa dibeli melalui platform e-commerce, yaitu Tokopedia dengan harga Rp50.000 per serinya.

###


Buku Kolaborasi Si Juki dan SpongeBob SquarePants Rilis di Indonesia

Serial buku cerita ini akan menampilkan berbagai keseruan petualangan Si Juki dan SpongeBob SquarePants di berbagai dunia. Seperti apa kolaborasinya?

Pada Jumat (11/12), MNC Licensing selaku pemegang lisensi animasi Nickelodeon di Indonesia dan kreator serial komik Si Juki, Faza Meonk, merilis seri buku cerita kolaborasi Si Juki dan SpongeBob SquarePants. Dalam serial buku yang satu ini, Si Juki dan SpongeBob SquarePants akan mengarungi berbagai dunia dan bertualang bersama.

Dalam konferensi pers yang diadakan secara daring pada hari yang sama, Faza Meonk dan juga Vice President MNC Contents and Licensing, Shierly Kosasih. Mereka berbagi cerita mengenai proses kolaborasi yang luar biasa ini. Sehingga dapat tercipta sebuah kolaborasi serial buku cerita Si Juki dan SpongeBob Squarepants. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!
  
Kecocokan Si Juki dan Spongebob Squarepants

Sebagai perpanjangan tangan Nickelodeon di Indonesia, MNC Contents and Licensing bertindak sebagai jembatan antara kreator lokal dan juga Nickelodeon. “Kami kerap mencari talenta lokal yang cocok dengan karakter animasi Nickelodeon dan menyampaikannya kepada Nickelodeon,” kata Shierly.

Sebelum bekerja sama dengan serial Si Juki, Nickelodeon pernah bekerja sama dengan desainer lokal Indonesia, Tities Sapoetra, dan berkolaborasi dengan Spongebob Squarepants pula. Koleksi busana SpongeBob Gold merupakan hasil kolaborasi tersebut dan sempat dipamerkan dalam Plaza Indonesia Men’s Fashion Week 2017.

Terkait kerja sama antara Nickelodeon dan Si Juki, bu Shierly mengaku bahwa ia sudah bertemu beberapa kali dengan Faza, namun baru menjalin kerja sama mulai dari tahun 2018 lalu. “Kami memang mencari karakter lokal yang memiliki kecocokan sifat dengan SpongeBob Squarepants, dan karakter Si Juki punya ‘DNA’ yang sama dengan SpongeBob,” kata Shierly.
  
SpongeBob SquarePants Sebagai Inspirasi Berkarya
  
Faza juga menambahkan mengenai proses kolaborasi ini. Ia berkata bahwa pihak Nickelodeon dan MNC Contents and Licensing semakin tertarik untuk berkolaborasi dengan karakter Si Juki setelah melihat laman Wikipedia dari Si Juki. Di sana, disebutkan bahwa SpongeBob Squarepants telah menjadi salah satu inspirasinya dalam berkarya. Hal ini juga diakui oleh Faza sendiri.
  
“SpongeBob Squarepants adalah salah satu inspirasi saya untuk berkarya,” kata Faza. “Biasanya humor yang disajikan dalam media lainnya sangat spesifik, ada yang hanya dapat dimengerti oleh orang dewasa atau orang yang mengerti pop culture. Tapi, jokes dalam Spongebob memiliki lapisan tersendiri, sehingga baik anak-anak dan orang dewasa bisa tertawa saat melihat SpongeBob.”
  
Karena SpongeBob SquarePants juga adalah karakter kesukaannya, Faza mengaku tidak merasa kesulitan saat mengerjakan proyek kolaborasi ini. “Tidak ada yang susah, karena saya menganggap ini sebagai tantangan yang menyenangkan. Meskipun ada batasan-batasan tertentu dari Nickelodeon, saya tidak merasa kesulitan dan tetap merasa fun,” ujarnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, kolaborasi SpongeBob Squarepants dan Si Juki tertuang dalam seri lima buku cerita Si Juki x SpongeBob Squarepants. Kelima buku cerita ini akan menghadirkan berbagai petualangan Si Juki dan SpongeBob Squarepants di lima dunia yang berbeda.

Lima buku yang terdapat dalam serial ini akan diawali oleh “Petualangan Impian” sebagai buku pertama dalam serial ini. Dalam buku pertama ini, akan dijelaskan mengenai pertemuan pertama Si Juki dan SpongeBob SquarePants dan mengawali petualangan mereka bersama dalam empat buku setelahnya, yaitu “Dunia Prasejarah”, “Makan Besar”, “Balap Bajaj”, dan “Petualangan di Laut”.
  
Mengenai perilisan lima buku ini, Dennis Tan selaku Vice President Brand & Retail Marketing Asia Pacific, ViacomCBS Consumer Products, mengatakan bahwa seri buku ini memungkinkan mereka untuk menghadirkan optimisme dan antusiasme yang tak terbendung dari SpongeBob kepada para penggemar di Indonesia melalui karakter komik terkenal di Indonesia.
  
“Humor dan jalan ceritanya akan sangat menarik bagi siapapun yang merasakan kegembiraan bersama Nickelodeon!” ujar Dennis. “Kami berharap para penggemar juga dapat menikmati seri buku cerita ini seperti halnya kami menikmati proses pembuatan bukunya bersama Faza.”
  
Faza Meonk selaku kreator Si Juki juga mengungkapkan harapannya agar para pembaca dapat menikmati serial buku ini pula.
  
“SpongeBob adalah salah satu tokoh favorit saya sejak kecil. Dan kolaborasi ini seperti sebuah mimpi yang jadi nyata saat saya bisa menghadirkan petualangan SpongeBob dan Si Juki ke dalam lima buku cerita. Semoga semua orang di Indonesia dapat turut merasakan sukacita yang saya rasakan. Dan juga menjadikan seri buku cerita ini sebagai koleksi di rumah masing-masing,” katanya.
  
Merchandise Lainnya

Selain dijadikan lima buku cerita, kolaborasi Si Juki dan SpongeBob SquarePants juga akan tertuang dalam berbagai merchandise lainnya. Mulai dari baju, aksesoris, figurin, dan lain sebagainya. Berbagai produk ini akan tersedia di berbagai toko buku online dan Knick-Knack Store di Tokopedia dan dijual secara terbatas.
  
 Buat para penggemar Si Juki dan SpongeBob SquarePants yang ingin lebih tahu lebih lengkap tentang kolaborasi ini, kalian dapat menonton acara live Digital Launching dan Penandatanganan Buku Cerita di kanal YouTube Si Juki dan Tokopedia Play yang diadakan dari jam 14.00 hingga 15.00 WIB.

###


Ketika Si Juki dan Spongebob Berteman di Dalam Buku Cerita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa jadinya jika tokoh kartun lokal Indonesia Si Juki bertemu dengan si kocak Spongebob Squarepants? Petualangan mereka hadir dalam lima seri buku cerita kolaborasi antara komikus Faza Meonk dan Nickelodeon.

Seri buku cerita Si Juki x SpongeBob rilis mulai Jumat (11/12) di Tokopedia dan segera tersedia di toko buku. Lima judulnya yakni "Petualangan Impian", "Dunia Prasejarah", "Makan Besar", "Balap Bajaj", dan "Petualangan di Laut".

Bagaimana bisa Si Juki yang berada di darat berjumpa Spongebob yang hidup di dasar laut? Jawabannya bisa didapatkan dengan langsung membaca bukunya. Sebagai bocoran, pada buku pertama Juki terdampar di sebuah pantai asing. Di sanalah dia bertemu dengan SpongeBob SquarePants yang juga bernasib sama.

Mereka berdua memulai petualangan dari tempat terpencil itu hingga ke beberapa lokasi lain. Ada tempat dengan latar era prasejarah, dunia asing penuh makanan, arena balap, hingga perburuan harta karun yang membuat mereka naik kapal bajak laut.

Kreator Si Juki, Faza Meonk, membeberkan proses kreatifnya menggarap seri buku cerita. Dia sangat bersemangat merampungkan proyek tersebut karena Spongebob Squarepants adalah karakter favoritnya sejak masih duduk di bangku sekolah.

Bahkan, Spongebob adalah salah satu inspirasi terbesar Faza dalam berkarya. Menurut dia, cerita Spongebob memiliki lelucon berlapis. Ada kelucuan untuk anak-anak, ada yang cuma dipahami orang dewasa, ada pula untuk penggandrung budaya pop.

"Spongebob menginspirasi saya bikin karakter yang bisa dinikmati semua orang. Dalam kolaborasi ini, saya teringat kalau Spongebob punya tagline imajinasi, karena itu latar cerita ada di dunia imajinasi," tutur Faza.
Tidak sekadar mempertemukan dua karakter, buku cerita Si Juki X Spongebob juga memasukkan unsur-unsur Indonesia sehingga dekat dengan pembaca. Misalnya, makanan ketoprak di buku "Makan Besar" serta bajaj di buku "Balap Bajaj".

Dalam merampungkan lima bukunya, Faza dibantu tiga orang timnya, mulai dari eksplorasi ide cerita sampai pewarnaan. Tentunya, juga dengan evaluasi dari Nickelodeon. Perbincangan tentang kolaborasi sudah dimulai sejak dua tahun silam.

VP MNC Licensing dan MNC Contents Shierly Kosasih selaku kepanjangan tangan Nickelodeon di Indonesia menyampaikan lebih lanjut terkait proses kolaborasi. Semula, kerja sama itu hanya sebatas artwork dan merchandise.

Seirig waktu, Nickelodeon sepakat membuat buku cerita Si Juki dan Spongebob. Shierly senang bisa membawa Spongebob sedekat mungkin dengan audiens Indonesia, bersama karakter lokal populer Si Juki.

"Kami menganggap Juki memiliki DNA yang mirip dengan Spongebob. Tidak semua karakter ketika disatukan akan mengeluarkan mood dan spirit yang sama. Juki dan Spongebob, bisa terasa mereka ini BFF (best friend forever atau sahabat baik)," ungkap Shierly.

Vice President Brand & Retail Marketing Asia Pacific, ViacomCBS Consumer Products Dennis Tan juga sangat menikmati proses pembuatan buku cerita. Dia berharap penggemar Tanah Air bisa merasakan hal yang sama tatkala membaca bukunya.

"Seri buku cerita ini memungkinkan kami menghadirkan optimisme dan antusiasme SpongeBob dalam konteks hyper local. Humor dan jalan ceritanya akan sangat menarik bagi siapapun yang merasakan kegembiraan bersama Nickelodeon," kata dia.

Buku cerita yang diluncurkan dalam Bahasa Indonesia tersebut bisa segera dikoleksi para penggandrung Si Juki maupun Spongebob. Ada juga merchandise seperti pakaian, sepatu, aksesori, dan figurin.

###

More Nick: Nickelodeon Reveals First Look of Characters in Original 'Kamp Koral: SpongeBob’s Under Years' Animated Series!

Originally published: Saturday, December 12, 2020.

Follow NickALive! on Twitter, Tumblr, Reddit, via RSS, on Instagram, and/or Facebook for the latest Nickelodeon Asia and SpongeBob SquarePants News and Highlights!

No comments: